You are here
Home > Melamar Pekerjaan > 6 Tips Menunggu Panggilan Kerja

6 Tips Menunggu Panggilan Kerja

Menunggu Panggilan Kerja Setelah mengikuti serangkaian test seleksi, ada waktunya kita disuruh menunggu untuk melakukan tanda tangan kontrak kerja di perusahaan karena telah lulus dalam seleksi. Kita hanya diminta menunggu tanpa ada kepastian yang jelas.

Lama waktu pun untuk dipanggil tidak jelas dan kita hanya bisa menunggu sampai waktu berbulan-bulan. berikut ini lingkup kerja memberikan 6 tips yang bisa di lakukan saat menunggu panggilan kerja.

 

1. Jangan Sampai Matikan Telepon

Panggilan kerja biasa dilakukan pihak HRD melalui telepon dan SMS ke pelamar kerja, jangan pernah Anda matikan HP atau mengganti nomor telepon sebelum ada panggilan kerja lagi.

Jangan Sampai Matikan Telepon
Jangan Sampai Matikan Telepon

Biasanya panggilan telepon dilakukan pada jam-jam kerja kantor dan waktunya pun tidak tentu, bisa pagi, siang ataupun sore. Jadi pastikan telepon Anda siap untuk dihubungi.

 

2. Terus Pantau Website Lowongan Pekerjaan

Dengan terus memantau website perusahaan / lowongan pekerjaan yang kita lamar, kita dapat mengetahui perkembangan terbaru mengenai rekruitment dari perusahaan tersebut. Selain website perusahaan yang Anda lamar, Anda juga dapat mengecek website yang mengumumkan penerimaan pekerjaan.

 

contoh pengumuman hasil rekruitmen
contoh pengumuman hasil rekruitmen

Nanti Di website tersebut akan ada informasi-informasi penting seperti pengumuman hasil seleksi, pengumuman penerimaan pekerjaan dan informasi lainnya mengenai perusahaan.

 

3. Jaga Komunikasi dengan sesama peserta test

Ketika mengikuti proses seleksi perusahaan sangat disarankan berkenalan dan meminta kontak peserta yang lain seperti nomor HP, Pin BBM ataupun Akun sosial media untuk dapat berkomunikasi sesama peserta test.

Hal ini penting karena untuk menjaga komunikasi dengan sesama peserta test untuk saling berbagi informasi mengenai test jika salah seorang mendapatkan sms atau telepon dari HRD. 

Jaga Komunikasi dengan sesama peserta test
Jaga Komunikasi dengan sesama peserta test

Walaupun tidak belum mendapatkan kabar, sesekali menanyakan kabar atau bertanya sudah ada panggilan belum tapi ingat jangan terlalu sering karena jika setiap hari bertanya akan mengganggu dan membuat orang jengkel.

 

4. Mencari Sumber Penghasilan Sementara

Sambil menunggu panggilan untuk bekerja, Anda dapat melakukan pekerjaan atau bisnis kecil-kecilan untuk menutupi pengeluaran sehari-hari.

Mencari Sumber Penghasilan Sementara
Mencari Sumber Penghasilan Sementara

Anda dapat mencoba menjadi seorang reseller, dropship, bisnis online atau yang lainnya yang bisa menjadi sumber penghasilan sementara.

 

5. Mengikuti Seleksi di Perusahaan Lain.

Mengikuti Penerimaan dan Seleksi penerimaan calon karyawan baru adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu sambil menunggu panggilan panggilan kerja. Cari lowongan pekerjaan melalui media online, koran dan group sosial media.

Mengikuti Seleksi di Perusahaan Lain
Mengikuti Seleksi di Perusahaan Lain

Jangan terlalu menggantung harapan pada hal yang tidak memberi kepastian lebih baik Anda mengikuti seleksi di perusahaan lain.

 

6. Menambah Pengetahuan, Kemampuan dan Keterampilan

Sambil menunggu panggilan kerja Anda bisa mengisi hari-hari dengan menambah pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dengan mengikuti kursus atau pelatihan.

Menambah Pengetahuan, Kemampuan dan Keterampilan
Menambah Pengetahuan, Kemampuan dan Keterampilan

Manfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga Anda tidak menyia nyiakan waktu muda Anda.

 

Demikian 6 Tips Menunggu Panggilan Kerja yang dapat lingkup kerja berikan, Semoga bermanfaat dan membantu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top