You are here
Home > Kepemimpinan > 8 Cara Untuk Membangun Kepercayaan Dengan Bawahan

8 Cara Untuk Membangun Kepercayaan Dengan Bawahan

Membangun Kepercayaan dengan Bawahan

Membangun Kepercayaan Dengan Bawahan sudah seharusnya dilakukan oleh atasan ataupun owner dari perusahaan, karena kepercayaan karyawan memiliki dampak besar pada hasil keuntungan bisnis dan produktifitas dalam bekerja. berikut ini 8 Cara Untuk Membangun Kepercayaan Dengan Bawahan.

1. Jangan Pernah Meremehkan Mereka

Bawahan selalu mengetahui dan memperhatikan yang Anda Lakukan. Walaupun terlihat mereka bersikap seperti tidak peduli atau pura-pura tidak tahu yang ada lakukan, bawahan selalu mengawasi apa yang anda lakukan yang terjadi. Jika Anda gagal menjaga sikap dan kelakukan. Mereka akan mulai melihat Anda sebagai Atasan yang tidak peka terhadap bawahan dan tidak peduli bawahan.

2. Jaga Selalu Konsistensi diri

berbicara di depan

Ketika Anda berbicara dalam forum atau rapat, yang membicakan tentang nilai dan tujuan perusahaan yang ingin dicapai. Bawahan akan  memperhatikan arah perusahaan dan keadaan yang akan terjadi sesuai dengan rapat/forum. Sekali lagi, meskipun mereka mungkin tidak menunjukkannya rasa peduli, bawahan akan tetap memperhatikan bila Anda tidak konsisten dengan yang dikatakan dan mengingatnya.

3. Selalu Tepati Janji

Anda mungkin pernah berjanji jika perusahaan memiliki kemajuan dan keuntungan yang lebih baik, akan memberikan reward, tetapi yang terjadi Anda melupakan janji dan tidak pernah menepatinya. Karyawan tidak akan pernah lupa dengan janji Anda. Akibatnya Karyawan akan tidak percaya kepada Anda yang tidak menepati janji yang telah dikatakan.

4. Jangan Menyalahkan Individu 

Ketika berada diatas singgasana perusahaan dan memiliki power terhadap bawahan terkadang Anda mencari satu bawahan yang akan disalahkan dan dianggap penyebab sebuah kegagalan yang terjadi di perusahaan. Bukan untuk berbenah diri dan memperbaiki kegagalan serta mencegah agar tidak terulang kembali. Jika begini yang terjadi maka Anda akan kehilangan kredibilitas di Mata bawahan lain.

5. Terbuka kepada Karyawan

Hal yang penting harus Anda miliki adalah sikap terbuka kepada bawahan, jika sudah tidak ada lagi kepercayaan dari bawahan bukan berarti akhir dari segala, tetapi cobalah untuk memperbaiki kesalahan dengan bersikap jujur akan kesalahan yang telah dilakukan oleh Anda dan Anda sangat menyesalinya. Dengan begitu akan dianggap bisa mengakui kesalahan jika melakukannya dan berharap mendapatkan kepercayaan kembali dari bawahan.

6. Luangkan Waktu Dengan Karyawan

Mempelajari Karakter Pegawai

Anda pasti sering merasakan kebingungan mengenal karakter dari masing-masing karyawan. Agar Anda dapat berhasil mengenali karakter karyawan , cobalah untuk  meluangkan waktu dengan karyawan satu persatu dengan begitu kita dapat mengenal karakter individu dari semua karyawan yang ada diperusahaan, seperti makan bersama, menghabiskan waktu libur bersama keluarga bersama. Hal ini memberikan gambaran bahwa Anda memiliki terbuka dan bukan seorang yang otoriter dalam memimpin.

7. Jadilah Contoh

Bukan cuma memimpin perusahaan dan memiliki kewenangan dalam perusahaan tetapi seorang yang dapat menjadi idola dan contoh bagi bawahan, dengan begitu kita dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki untuk semua karyawan. selain itu akan terbangun team work yang baik untuk keberhasilan kerja dan perusahaan.

8. Gunakan Masukan dan kritikan

Seorang Atasan yang berpandangan terbuka akan menerima masukan dan kritikan dari bawahan, gunakan masukan dan kritikan yang diberikan oleh karyawan sebagai dasar untuk melakukan perubahan dalam perusahaan.

Membangun Kepercayaan dengan Bawahan

Seorang atasan tidak dapat memimpin dan menjadi pemimpin yang baik jika tidak memiliki kepercayaan dari karyawan atau bawahannya. oleh karena itu Usahakan Membangun Kepercayaan Dengan Bawahan agar tercipta budaya dan lingkungan produktif.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top