You are here
Home > Produktifitas > 15 Tips Fokus dalam Bekerja Produktif

15 Tips Fokus dalam Bekerja Produktif

15 Cara Fokus dalam Bekerja Produktif

Ketika fokus dalam bekerja tiba-tiba ada saja yang mengganggu pikiran Anda, secara sadar kita tidak berusaha untuk mencegahnya malah mengalihkan perhatian pada gangguan tersebut dalam waktu yang cukup lama dan ketika Anda kembali untuk mengerjakan pekerjaan utama.

Anda tidak tahu sampai dimana pekerjaan sebelumnya dan tidak dapat fokus kembali ke pekerjaan sebelumnya. Pada Artikel ini kita akan belajar bagaimana memilah hal yang menjadi prioritas dan cara untuk menjaga fokus Anda pada pekerjaan. Simak baik-baik.

1. Hal Menyenangkan

Ada saja pekerjaan yang menuntut kita untuk kreatif menggunakan ide-ide kita sendiri tanpa harus terbeban dengan persetujuan dari seorang atasan. lakukan hal ini jika anda merasa tidak dapat fokus dalam pekerjaan anda. Sehingga Pikiran anda mengalir ide kreatif dan inspirati sehingga mudah untuk kembali fokus pada pekerjaan.

2. Tempat Kerja Yang Nyaman

pribadi yang disiplin

Tempat kerja yang nyaman seperti kursi dan meja kerja merupakan faktor pendukung yang penting anda untuk nyaman bekerja dalam waktu yang lama tanpa merasakan pegal atau sakit pada area tertentu.

3. Meja Kerja Yang Tersusun Rapi

Meja Kerja yang bersih

Meja kerja yang tersusun rapi akan meningkatkan fokus, mudah dalam pencarian barang yang dibutuhkan. selain itu dapat menempatkan barang yang Anda miliki seperti foto keluarga, cangkir minum dan lainnya.

Baca Juga : 5 Manfaat Merapikan Meja Kerja

4. Komputer Yang Aman

Hampir semua pekerjaan sekarang telah menggunakan komputer sebagai alat bantu bekerja. hal yang paling ditakutkan jika komputer terkena virus atau malware yang dapat mengkontaminasi file dokument yang dikerjakan Anda. Oleh karena itu selalu pastikan antivirus terupdate dengan baik. lalu Simpan dan  Susun File Pekerjaan dalam Satu Folder sehingga mudah dalam pencarian, dan jangan lupa untuk membackup pekerjaan dalam flash disc pribadi milik anda.

5. Air Minum Mudah Di Jangkau

minuman yang terjangkau

Ketika minum Air tidak hanya dapat menyehatkan tetapi dapat menyegarkan juga, Ketika Anda merapakan sedikit lapar dan lelah dengan minum segelas air dapat menghilangkan rasa tersebut. lalu dapat melanjutkan pekerjaan yang anda lakukan dan beristirahat setelah selesai. Pastikan bahwa cangkir/tempat minum anda tersebut berada dalam jangkauan anda, dengan begitu anda dapat fokus dalam bekerja.

6. Memiliki Makanan atau Cemilan

Seperti halnya memiliki air minum yang dapat menghilangkan rasa lapar yang anda rasakan. Jika Anda memiliki makan di meja kerja  ketika Anda lapar, hal ini tidak akan mengalihkan fokus atau pikiran anda ke tempat lain karena Anda telah memilikinya.

 7. Membuat Daftar Pekerjaan

note on table

Membuat daftar pekerjaan akan sangat membantu yang Anda sebaiknya letakkan daftar pekerjaan di samping monitor komputer agar dapat dilihat dan tidak lupa dengan pekerjaan yang lain. 

8. Prioritas Pekerjaan

Hampir semua orang akan produktif bekerja pada jam pertama kantor karena masih banyak energi yang dimiliki, jadi sebaiknya jadwalkan untuk memprioritaskan pekerjaan yang sulit pada jam pertama di kantor. Lalu dilanjutkan dengan pekerjaan yang tidak terlalu mendesak untuk dikerjakan dan diakhiri dengan pekerjaan rutin yang menurut Anda paling membosankan.

9.  Membuat Aturan Kebijakan Kerja

jika Anda ingin membuat kebijakan kerja sendiri maka rekan kerja harus mengetahuinya agar ketika Anda melakukan suatu hal amat penting mereka tidak akan mengganggu kecuali ada hal-hal yang sangat mendesak. Sedangkan mereka akan mengetahuinya ketika Anda berada sedang santai mereka akan bertanya dan berbincang dengan Anda. 

10. Menggunakan Headphone

15 Cara Fokus dalam Bekerja Produktif

Dikebanyakan perkantoran terdapat banyak sumber suara  yang mengganggu seperti suara printer, rekan kerja yang mengobrol, suara telpon, dan suara benda jatuh kelantai. jika kantor Anda termasuk kantor yang ramai akan suara maka Anda dapat menggunakan Headphone untuk mendengar musik agar Anda dapat fokus dalam bekerja.

11.  Matikan HP atau Aplikasi Chatting.

turn off power hp

Sebaiknya matikan HP jika Anda benar-benar membutuhkan perhatian lebih dari Anda karena Tidak Semua Panggilan/Obrolan Bersifat Mendesak atau cuma sekedar telepon dari seorang pacar.

untuk aplikasi chatting, Anda dapat memasang status “busy” atau menggunakan mode “invisible” selagi Anda bekerja, jika memang dibutuhkan untuk perhatian full maka Anda dapat matikan aplikasi chatting lalu hidupkan lagi jika anda telah santai kembali.

12. Menjauhi Sosial Media
stay away from social media

Website ini tidak harus untuk diperiksa setiap saat  seperti facebook, twitter, instagram, patch. jadi sebaiknya kendalikan diri Anda untuk disiplin menggunakan/memeriksa sosial media jika ada waktu senggang.

Ketika mengakses sosial media akan banyak hal yang menarik hati Anda melihat sesuat dalam waktu yang lama, bukan sekedar mengalahkan fokus ketika bekerja tetapi juga gambar-gambar atau informasi dari sana akan masuk ke dalam pikiran Anda. 

13.  Mengatur Email

Aktifitas lain yang dapat mengganggu adalah email. Faktanya Anda banyak mendapatkan email mulai dari pembaharuan dari percapapan berantai, info lowongan pekerjaan, berlangganan dari suatu website yang diikuti atau bahkan email spam. 

Salah satu cara untuk menghindari permasalahan ini Anda harus memiliki email terpisah dari email harian untuk pekerjaan, kemudian kelompokan email email tersebut untuk membuat nyaman Anda menggunakannya. 

14. Atur Ulang Fungsi HP 

Telepon difungsikan untuk hal yang teramat penting, bukan cuma untuk janjian makan siang atau ajakan makan siang dari rekan kerja lainnya. Jika Anda menerima telepon dari seseorang mintalah teman Anda untuk mengangkatnya dan mencatat apa pesan dari telepon tersebut.

Hal itu akan membantu Anda untuk tetap fokus dalam bekerja, setelah pekerjaan anda hampir selesai hubungi kembali orang yang menelpon tersebut.

Untuk menanyakan ada apa gerangan menghubungi dan menjelaskan situasi Anda sebaiknya percakapan tersebut tidak lebih dari 2 menit, berjanjilah akan menelponnya kembali. Setelah pekerjaan selesai penuh anda dapat menelpon kembali tetapi sebaiknya tidak lebih dari 3 menit.

15. Memilih Musik Yang Nyaman

Mendengarkan lagu ketika sedang bekerja memberikan kemudahan dan inspirasi untuk Anda bekerja, sebagian Orang mendengarkan musik untuk membangkitkan semangat mereka untuk bekerja. 

Tetapi tidak semua jenis musik dapat membantu hal tersebut, jadi aturlah lagu kesukaan Anda untuk didengar sehingga membantu Anda.

 

Demikian 15 Cara Tetap Fokus dalam Bekerja, Semoga memberi inspirasi dan wawasan bagi anda. Terima kasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top