You are here
Home > Karir > Cara Negosiasi Gaji Yang Cerdas

Cara Negosiasi Gaji Yang Cerdas

perusaahan yang menginginkan anda

Cara Negosiasi Gaji Dengan Cerdas, Artikel ini ditujukan kepada orang yang memiliki keahlian diatas rata-rata dan ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi saat melamar di perusahaan lain. Kebanyakan karyawan akan lebih tertarik jika memiliki gaji lebih tinggi di perusahaan yang baru.

Tapi tidak semuanya karyawan memiliki keberanian untuk negosiasi kenaikan gaji karena negosiasi gaji sangat sering dianggap hal yang sensitif.

Selama Anda berani mengungkapkan keinginan Anda untuk negosiasi gaji, ada kemungkinan besar Anda akan memperoleh gaji yang Anda harapkan karena masih banyak kemungkinan untuk melakukan kesepakatan gaji sebelum Anda menandatangani kontrak. Artikel ini akan memberi Anda keterampilan untuk belajar bagaimana cara negosiasi gaji dengan cerdas.

 

CARA NEGOSIASI GAJI SEBELUM INTERVIEW

Kenali Gaji Dipasaran

Sangat penting untuk mengetahui kisaran gaji yang ada di pasaran dengan posisi yang anda lamar karena jika sewaktu Anda melakukan interview dengan HRD tanpa mengetahui kisaran gaji Anda maka Dia akan memegang kendali dalam menetapkan besaran gaji Anda. Telah banyak website indonesia yang berbagi informasi mengenai gaji dengan berbagai posisi dan daerah salah satu contohnya adalah Qerja.com.

mengetahui gaji dipasaran

 

Jangan Menulis Gaji Di Surat Lamaran

Sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini karena menginformasikan gaji yang diharapkan pada tahap awal berisiko besar. Contohnya Jika Anda menulis gaji yang lebih rendah dari apa yang seharusnya Anda dapatkan. Sebaliknya Jika Anda menulis gaji yang lebih tinggi dari apa yang layak Anda dapatkan, Anda akan kehilangan kesempatan untuk wawancara.

Dalam hal ini, lebih baik tidak menyebutkan gaji yang Anda harapkan di surat lamaran jika Anda tidak diharuskan untuk melakukannya.

 

Diminta Menulis Gaji Di Surat Lamaran

Bukan hal yang aneh jika perusahaan ingin tahu keinginan calon karyawan terlebih dahulu. Hal ini untuk  efisiensi waktu menyeleksi calon pencari kerja yang akan menerima tawaran mereka, dan mereka tidak ingin membuang waktu pada mereka yang berada di luar besaran gaji yang akan mereka tawarkan.

negosiasi gaji

Ada beberapa pilihan yang dapat Anda lakukan jika diminta untuk menuliskan gaji, berikut beberapa pilihan yang dapat Anda ambil.

Mengabaikan pertanyaan gaji dan Memberikan Jawaban 

untuk mengabaikan pertanyaan gaji sebaiknya anda memberikan jawaban yang mengarah ke gaji semestinya posisi yang anda lamar. misalnya jawabannya “Gaji salah satu faktor yang saya anggap terpenting dalam menerima tawaran pekerjaan. Saya sangat senang membicarakannya secara langsung.”

Memberikan Kisaran Gaji Yang Tidak Akan Ditolak perusahaan

Anda dapat memberikan kisaran gaji yang membuat Anda dan perusahaan sama-sama ideal. Untuk mengetahui kisaran gaji yang sesuai dengan posisi anda lamar dapat melihat diwebsite Qerja.com. Selain itu Anda dapat bertanya kepada kolega yang bekerja di perusahaan untuk mengetahui informasi yang lebih akurat tentang berapa kisaran gaji yang akan ditawarkan oleh perusahaan.

Tertera Gaji Standar di Pengumuman Lowongan Pekerjaan

Jika tertera gaji standar yang terdapat di pengumuman lowongan pekerjaan misalnya Rp. 2.500.000, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda tetap bisa melakukan negosiasi gaji. 

Untuk melakukan pendekatan terhadap negosiasi gaji adalah menginformasikan prestasi-prestasi yang pernah Anda capai dan kontribusi yang akan diberikan jika bekerja diperusahaan tersebut.

 

CARA NEGOSIASI GAJI SAAT INTERVIEW

Saat ditanya tentang gaji Anda sekarang

Saat wawancara dan ditanyakan mengenai informasi tentang gaji Anda saat ini. Tapi, dengan menginformasikan gaji saat ini dapat membuat Anda merasa tidak beruntung jika pekerjaan yang Anda lamar dapat menawarkan gaji yang jauh lebih tinggi daripada gaji Anda saat ini.

Untuk menghadapi situasi seperti ini, Anda disarankan segera mengalihkan pembicaraan pada topik lainnya. tanpa memusatkan pembicaraan pada gaji Anda saat ini, Anda dapat mempromosikan diri mengenai keterampilan, tanggung jawab, dan kontribusi Anda terhadap perusahaan yang anda lamar. 

Mempromosikan kemampuan Anda dapat memberikan Anda pada kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan gaji yang lebih baik dalam sesi wawancara sesuai dengan calon kandidat yang perusahaan inginkan.

cara negosiasi gaji

Cara Mengatasi jika Pengajuan Negosiasi Ditolak

Penolakan terhadap negosiasi gaji merupakan hal yang menakutkan tetapi suatu negosiasi tidak akan pernah terjadi sampai salah satu tidak ada yang mengatakan tidak dan Negosiasi terjadi karena salah satu pihak tidak merasa sesuai dengan pengajuan yang dilakukan oleh pihak lain.

Ambillah hal yang positif dari penolakan tersebut dengan begitu Anda menjadi tahu keinginan perusahaan dan begitu sebaliknya perusahaan mengetahui keinginan Anda dari perusahaan.

Jika penawaran Anda lebih tinggi dari gaji yang ditawarkan oleh perusahaan maka Anda dapat menurunkan harga tersebut ke nilai yang masih anda inginkan kemudian melihat kembali respon dari perusahaan tersebut.

Jika masih ditolak untuk meminta naik gaji, cobalah mengganti dari negosiasi gaji menjadi negosiasi tunjangan-tunjangan yang dapat Anda peroleh. seperti hari libur dan tunjangan perjalanan dinas luar kota. 

 

Jangan menerima tawaran terlalu cepat

Selamat untuk Anda yang telah mendapatkan tawaran dan gaji yang baru. Anda seharusnya tidak menerima tawaran itu terlalu cepat dan berpikir lagi. Banyak orang langsung mengambil kesempatan tersebut, karena mereka takut tawaran tersebut akan ditarik kembali. 

Perusahaan sengaja menghindari negosiasi gaji dengan seorang pelamar, Sebisa mungkin mereka langsung memberikan tawaran gaji yang cukup untuk pelamar sehingga Anda langsung untuk menyetujuinya. Padahal masih banyak peluang untuk negosiasi yang seharusnya anda dapatkan seperti gaji yang lebih besar, tunjangan dan bonus dari perusahaan tersebut.

perusaahan yang menginginkan anda

CARA NEGOSIASI GAJI SETELAH INTERVIEW

Mengevaluasi Tawaran

Dari negosiasi yang terjadi pada saat interview Anda bisa tidak harus langsung menerima tawaran tersebut, sebagai gantinya Anda dapat meminta waktu beberapa hari untuk mempertimbangkannya . Anda dapat bertanya seperti ini “Saya senang sekali dapat bergabung di Perusahaan ABCD, Bisakah Bapak/Ibu memberikan Saya waktu untuk memikirkannya?” jika perusahaan tersebut menghargai Anda, Anda akan diperbolehkan untuk memikirkan tawaran tersebut.

Bila Anda mempertimbangkan tawaran itu, Ada hal-hal lain selain gaji yang dapat dijadikan dipertimbangkan untuk menerima tawaran dari perusahaan.

 

Demikianlah Cara Negosiasi Gaji Yang Cerdas sehingga Anda memperoleh suatu hal yang layak didapatkan/diberikan oleh perusahaan yang diingin merekrut Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top