You are here
Home > Produktifitas > 5 Kebiasaan Penulis Yang Produktif

5 Kebiasaan Penulis Yang Produktif

Kebiasaan Penulis Yang Produktif

Kebiasaan Penulis Yang Produktif , Untuk menjadi seorang penulis yang produkti kita harus menekuni kebiasaan kebiasan yang dapat mendukung dan mengasah kemampuan menulis kita. Berikut 5 kebiasaan Penulis yang baik

1.Temukan Tema Bacaan yang menarik

Hal yang Pertama adalah selalu menyukai tema-tema tulisan menarik minat serta bermanfaat bagi Anda maupun yang akan membacanya.

Nah, kebiasaan dengan memiliki kebiasaan seperti ini, Kamu akan selalu berusaha untuk selalu intens mencari hal-hal menarik dan bermanfaat. inilah yang dapat mendorong kamu untuk terus berusaha menulis dengan tema-tema pilihan.

Contoh, ketika kamu melihat dan mendengar disekitan kamu bahwa tema-tema seperti aquascape begitu digemari oleh banyak orang tanpa mengenal batas umur, maka kamu pun sebaiknya mencoba mempelajari secara detail dan mencoba untuk menulisnya.

2. Catat Ide dan Hal-Hal yang Penting

Catat Ide dan Hal-Hal yang Penting
Catat Ide dan Hal-Hal yang Penting

Biasakan untuk selalu mencatat setiap ide untuk ditulis di sebuah buku kecil dalam bentuk judul.

Karena untuk mantapkan atau mengambil topik utama dari gagasan-gagasan yang  panjang lebar ke dalam kalimat simpel, mudah diingat, dan yang terpenting memotivasi untuk menjadikannya sebuah tulisan.

Minimal, ide-ide dalam bentuk judul itu sudah menggambarkan adanya tabungan ide kreatif kamu di dalam buku catatan tersebut. Yang lebih penting adalah tindak lanjut atau kreasi tulisan dari buku catatan tersebut.

Buku catatan tersebu akan sangat membantu, baik untuk keperluan pribadi, dan lainnya.

3. Jadikan Aktivitas Menulis Jadi Sebuah Kesenangan.

Jadikan Aktivitas Menulis Jadi Sebuah Kesenangan.

Buatlah aktivitas menulis menjadi sebuah kesenangan yang menantang untuk diri kamu.

Kesenangan dari menulis adalah bahwa kamu bisa menjadikan aktivitas menulis sebagai sesuatu yang bermanfaat buat diri kamu dan orang lain.

Selain itu menulis juga memberikan dampak finansial jika kamu berminat menjadi seorang blogger atau penulis lepas. 

Dengan menulis kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau profesinyasendiri. Asalakan, kamu mampu memanfaatkan kemampuan dan menulis dengan baik.

Dengan kemampuan menulis yang baik (termasuk di dalamnya kemampuan editing), membuat hari-hari kamu dipenuhi oleh pekerjaan yang berkutat pada soal tulis-menulis dan penerbitan.

Tapi yang tak kalah penting, aktivitas ini memberikan sumber penghidupan yang amat memadai jika ditekuni dengan serius.

Tantangan dari menulis adalah selalu terdorong untuk menghasilkan karya yang lebih baik, lebih banyak lagi, serta lebih diterima oleh para pembaca.

Tantangan ini akan membuatmu tidak mau berhenti belajar untuk terus meningkatkan kemampuan menulis.

Setiap pengalaman, peristiwa, atau situasi yang berbeda bisa menjadi inspirasi yang kaya bagi dunia kepenulisan maupun proses pengembangan diri kamu sendiri.

4. Proses Pengembangan diri 

Jadikan aktivitas menulis sebagai salah satu komponen utama dalam proses pengembangan diri saya.

Aktivitas menulis tidak akan lepas dari proses belajar. Dan, belajar adalah intisari proses pengembangan diri.

Maka, jika kita belajar atau sedang menulis, maka sesungguhnya kita sedang mengembangkan atau mengaktualisasikan potensi-potensi dalam diri kita, supaya kemudian ada progress dalam kehidupan kita.

5. Publikasikan Tulisan

Kebiasaan Seorang Penulis Yang Produktif

Selalu usahakan mempublikasikan tulisan-tulisan yang sudah kamu selesaikan dimedia manapun seperti blog pribadi, surat kabar, atau buku. karena tulisan bermaksud menanamkan pengaruh tertentu kepada pembaca.

Sementara, hanya tulisan yang “hidup” saja yang bisa mempengaruhi orang. Namun, tulisan baru “hidup” atau “punya nyawa” jika sudah dibaca oleh orang lain.

Nah, untuk menghidupkan tulisan atau memberinya nyawa, jalan satu-satunya adalah dengan memublikasikan tulisan tersebut.

Demikianlah Artikel 5 Kebiasaan Seorang Penulis Yang Produktif , Semoga Membantu kamu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top