You are here
Home > Peluang Bisnis > 6 Tips Cara Bisnis Tanaman Hias Rumahan Untuk Pemula

6 Tips Cara Bisnis Tanaman Hias Rumahan Untuk Pemula

Bisnis Tanaman Hias Rumahan Untuk Pemula , Bisnis yang berdasarkan pada kesukaan atau hobi akan dirasakan sangat menyenangkan jika dijalani, Sekaligus dapat mendatangkan pemasukan rupiah dan membantu rumah tangga secara terus menerus.

Berikut ini merupakan salah satu hobi yang dapat dikatakan menyenangkan dan bisa mendatangkan pemasukan secara terus menerus yaitu bisnis tanaman hias. 

Peluang dalam usaha tanaman hias merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Sudah banyak yang telah berhasil dibidang usaha ini.

Hanya berawal dari hobi dalam merawat dan memelihara tanaman banyak orang mencoba dan sudah berhasil mengembangkan hobinya menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

bisnis ini masih banyak peluang  yang dapat dilakukan tetapi tidak menutup kemungkinan dan ada gagal untuk menggeluti bisnis tanaman hias ini.

Sehingga selain berhenti ditengah jalan, banyak yang tiba – tiba membatalkan niatnya untuk membuka usaha tanaman hias. Untuk itu lingkupkerja akan membantu dengan memberikan tips yang dapat  menginspirasi dalam memulai bisnis tanaman hias ini.

1. Pengetahuan tentang tanaman hias

Pengetahuan tentang tanaman hias

Pengetahuan tentang tanaman hias wajib untuk dimiliki karena akan sangat sulit menjalankan bisnis tanpa memiliki pengetahuan mengenai tanaman hias.

Pengetahuan ini dapat mendukung kita dalam merawat tanaman dengan baik dan tidak mati sebelum terjual.

Pengetahuan ini bisa mulai dengan bagaimana cara perawatan yang benar, bagaimana media tanam bunga, bagaimana mempercantik tanaman dan lainnya. 

Banyak media yang dapat digunakan sebagai sumber informasi misalnya website dan youtube. bahkan kamu bisa berteman dengan yang sudah ahli dan berpengalaman dalam bisnis tanaman hias.

Dengan pengetahuan yang mumpuni dapat mempermudah dalam  berbisnis tanaman hias.

2. Jenis tanaman hias yang dijual

Jenis tanaman hias yang dijual

Lakukan survey untuk tanaman hias yang populer saat ini dan tanaman hias yang akan menjadi populer pada tahun berikutnya sebelum memutuskan untuk menjual jenis tanaman hias.

Selain itu cuaca alam tempat lokasi bisnis juga sangat berpengaruh misal daerah panah jadi jangan menjual tanaman hias yang biasa hidup di tempat dingin.

Karena akan membebani biaya pemeliharaan dan perawatan tanaman serta memiliki resiko gagal yang tinggi.

Jadi sebaiknya pilihlah jenis tanaman yang akan dijual dengan kondisi lingkungan bisnis untuk mengurangi resiko di atas.


3. Lokasi atau tempat usaha

Pilihlah lokasi bisnis tanaman hias Anda pada daerah yang ramai. Misalnya di pinggir jalan raya. Sehingga kemungkinan konsumen yang datang ke toko Anda akan lebih banyak. Jangan khwatir jika Anda belum mempunyai modal untuk menyewa atau membuat toko ditempat keramaian.

Sebagai permulaan Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah Anda. Tips lain agar konsumen selalu datang ke lokasi bunga Anda adalah dengan menjaga kualitas dan variasi tanaman hias. Terakhir. Jaga selalu kebersihan tempat bisnis tanaman hias Anda. Sehingga sedap dipandang mata oleh para konsumen Anda.


4. Keamanan Tempat Usaha

Keamanan penting dalam setiap melakukan bisnis termasuk bisnis tanaman hias karena kita dapat dirugikan oleh orang-orang yang memiliki niat jahat dan melakukan pencurian terhadap tanaman hias.

Begitupun bisnis tanaman hias rumahan untuk pemula harus hati-hati dan waspada selalu. Lakukan Aktifitas memantau keamanan lokasi melalui CCTV pada siang hari ataupun malam hari agar tidak terjadi pencurian.

Selanjutnya menyewa jasa keamanan jika bisnis tanaman hias sudah cukup besar, sekaligus menjadi pekerja pada toko/taman yang anda miliki.

5. Sarana dan prasarana penunjang

Sarana dan prasarana penunjang

Selain faktor yang dibahas sebelumnya sarana prasana menjadi optional karena tergantung area bisnis yang dimiliki , apakah cukup luas seperti tempat budidaya tanaman, tempat pembibitan tanaman, tempat parkir pengunjung, tempat display taman, gudang pupuk serta ruang tunggu jika diperlukan.

6. Pemasaran dan promosi

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pemasaran dan promosi dalam bisnis tanaman agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Berikan informasi tentang lokasi usaha, jenis tanaman hias yang jual, penawaran harga tiap jenis tanaman hias serta program promosi apa saja yang tawarkan.

Promosi bisa dilakukan melalui media sosial, dari mulut ke mulut, brosur dan lainnya. Salah satu cara yang paling efektif dalam berpromosi dengan mengikuti berbagai pameran tanaman hias.

Demikian 6 Tips Cara Bisnis Tanaman Hias Rumahan Untuk Pemula agar dapat menjadi referensi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top