You are here
Home > Peluang Bisnis > 8 Tips Cara Bisnis Ikan Hias Rumahan Untuk Pemula

8 Tips Cara Bisnis Ikan Hias Rumahan Untuk Pemula

Bisnis Ikan Hias Rumahan Untuk Pemula

Bisnis Ikan Hias Rumahan Untuk Pemula , Dalam memulai Bisnis ikan hias Mulai dari untuk ikan air tawar, air laut, dirumahan dengan modal sendiri.

Bisnis ini bisa dibilang memiliki Prospek cerah dan peluang yang sangat besar karena memiliki sedikit pesaing.

Ikan hias menjadi salah satu Hobi dan kegemaran karena ikan hias memiliki daya tarik yang istimewa dari berbagai segi keindahan aneka ragam makhluk air.

Selain hobi seseorang sangat mudah mencari teman-teman yang juga memiliki hobi sama walaupun jenis dari ikan hias itu sendiri beraneka ragam.

Oleh Sebab itu sering kali kita mendengar bahwa seseorang membeli seekor ikan dengan harga yang mahal untuk kesenangan pribadi. Oleh sebab itu Peluang Usaha bisnis ikan rumahan sangat menggiurkan .

Berikut ini beberapa 10 Tips untuk sukses bisnis ikan hias yang dapat lingkupkerja bagikan:

1. Tempat Memulai Bisnis

Bisnis Ikan Hias Rumahan Untuk Pemula

Hal yang paling utama dan paling penting yang harus pertimbangkan adalah tempat memulai bisnis karena akan berpengaruh  terhadap kelancaran penjualan dalam bisnis.

Perhatikan posisi rumah apakah banyak orang yang berlalu-lalang ?

Dengan ramainya orang berlalu lalang secara tidak langsung kita melakukan promosi dan menarik minat para calon-calon konsumen.

2. Tentukan Pasar Ikan Hias 

Membuat target pemasaran dari awal akan sangat membantu karena usaha ikan hias tidak dipengaruhi oleh usia, Banyak anak-anak hingga orang dewasa menyukai hobi satu ini.

Bahkan banyak kalangan juga dapat menyukai ikan hias ini oleh sebab itu peluang dalam bisnis ini sangat besar.

Selain itu kamu juga harus mengerti tentang keinginan konsumen, trend pasar dan memiliki wawasan yang lebih mengenai ikan hias agar calon pembeli juga mendapatkan edukasi mengenai ikan hias dari Anda.

3. Mempelajari Hal-hal Mengenai Bisnis Ikan Hias

Seperti disinggung diakhir point ke 2, kamu harus memiliki wawasan yang lebih karena banyak peralatan yang perlu diketahui dan dimiliki demi memperlancar usaha ikan hias ini.

Seperti aquarium yang biasa disebut tank sebagai tempat tinggal ikan, pompa air, filter, jaring, tanaman air, batu, pupuk, hingga assesoris untuk mempercantik aquarium.

Dengan memiliki peralatan yang lengkap, maka pembeli semakin giat menyalurkan hobinya serta Anda semakin dalam menjalankan bisnis ikan hias.

Semakin lengkap dan semakin luas wawasan anda maka akan semakin mudah menjaring pelanggan baru ataupun pelanggan tetap.

4. Memiliki wawasan berbagai Ikan Hias

Tentukan Pasar Ikan Hias

Banyak jumlah ikan hias di indonesia jumlahnya bisa mencapai ratusan, tetapi ada yang dilindungi dan ada juga yang dapat di kembang biakan.

Pelanggan ikan hias akan hadir dari berbagai kalangan sosial dan ekonomi. Misalnya untuk kelas ekonomi menengah ke bawah kamu dapat menjual ikan hias jenis cupang, koki, hingga koi, atau berbagai macam ikan lainnya.

Untuk kalangan menengah ke atas banyak yang tertarik pada ikan louhan, arwana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka dari itu Anda harus mampu mengenali pangsa pasar sekitar lebih dalam agar mengetahui minat masing-masing pelanggan.

Jika sudah mengetahui dan memahami pasarnya, selanjutnya adalah fokus ke jenis ikan hias yang akan dijual.

Di awal bisnis, sebaiknya fokus ke beberapa jenis ikan. Pilihlah satu jenis dulu, air tawar atau air laut.

  • Ikan Air Tawar

Ikan hias air tawar ini memiliki keanekaragaman mulai dari yang ekonomis seperti ikan cupang dan koi, bahkan sampai ikan guppy dan arwana yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Harga yang relatif murah menjadikan jenis ikan ini banyak diminati. Murahnya harga ikan jenis ini disebabkan karena gampangnya pembudidayaan.

  • Ikan Air Laut

Ikan hias air laut cukup sulit bagi pemula. Selain harga jualnya yang mahal, dan perawatannya agak sulit. Kita sebagai pemain pemula juga sulit menari konsumen untuk produk ini.

Beda lagi jika anda sudah menjadi pemain besar dalam bisnis ikan hias.

5. Pelajari Teknik dan Cara Perjodohan

Penting untuk di ketahui setelah menentukan jenis ikan apa yang kamu pilih. selanjutnya usahakan mempelajari tentang ikan ini bagaimana cara mengembangbiakkan ikan-ikan tersebut.

Dengan begitu anda dapat berjualan dengan hasil budidaya ikan hias yang anda miliki dan memperoleh keuntungan lebih.

6. Memiliki Bibit Ikan Yang Unggul

Bibit adalah hal yang penting. kamu dapat bertanya ke berbagai tempat budidaya lain untuk mendapatkan bibit yang bagus. Bibit yang bagus akan menghasilkan anakan yang bagus dan berkualitas. Hasil budidaya dapat dijual dengan harga yang tinggi.

7. Promosikan Usaha Ikan Hias Rumahan

Untuk promosi perlu mengenalkan berbagai macam ikan hias dengan lengkap. Dari nama jenis ikan, foto, hingga harga yang anda cantumkan.

Media promosi juga dapat menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, dan lainnya.

8. Memiliki Jasa Antar Dalam Kota

Anda dapat memberikan layanan tambahan seperti pesan-antar untuk para pelanggan yang sangat berminat namun tidak memiliki banyak waktu dalam membeli secara langsung. 

Hal ini akan menjadikan nilai tambah untuk usaha Anda tersebut. 

Demikian 8 Tips Cara Bisnis Ikan Hias Rumahan Untuk Pemula , Semoga Membantu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top